Pembentukan Pusat Studi Wanita

Universitas Serambi Mekkah sudah membentuk Pusat Studi Wanita Hj. Pocut Keumalawati, pengurus dari Pusat Studi Wanita Hj. Pocut Keumalawati ini tadi pagi dilantik oleh Ayahanda Teuku H. Sulaiman Shah yang juga turut disaksikan oleh seluruh civitas akademika Universitas Serambi Mekkah yang mengambil tempat di RKU Universitas Serambi Mekkah. Untuk melihat foto kegiatan tersebut dapat dilihat pada link dibawah ini :

Foto Kegiatan Pelantikan Pengurus Pusat Studi Wanita Hj. Pocut Keumalawati

Prodi-Prodi Lain Yang Sudah Mendapat Nilai B

Prodi-Prodi lain yang sudah mendapatkan nilai B adalah sebagai berikut :

1. Pendidikan Ekonomi, dengan nomor akreditasi 240/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013

2. Pendidikan Kimia, dengan nomor akreditasi 203/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013

3. Pendidikan Bahasa Inggris, dengan nomor akreditasi 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013

Untuk melihat lebih lengkapnya dapat dilihat pada Situs BAN-PT

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Universitas Serambi Mekkah (USM) Bekerja Sama dengan Institut Pertanian Bogor ( IPB) – Jawa Barat

Banda Aceh – Pengurus Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) bersama jajaran Rektorat Universitas Serambi Mekkah melakukan pertemuan dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) pada hari Sabtu (23/2/2013) di Hermes Palace Hotel Banda Aceh. Dalam pertemuan ini kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan USM.

Pertemuan silaturahmi yang berlangsung hangat ini membicarakan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan di Aceh terutama pendidikan tinggi. Selain itu juga dibahas bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara USM dan IPB.
Sebagaimana diketahui IPB merupakan salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia serta telah mendapat pengakuan dunia. Para alumninya pun bertebaran di berbagai daerah termasuk di Aceh. Sementara itu USM sudah dikenal sebagai salah satu universitas swasta tertua di Aceh yang didirikan oleh Pahlawan Nasional RI yaitu Alm Dr. Mr. Haji Teuku Moehammad Hasan. Saat ini USM di bawah kepemimpinan Ayahanda H.T. Sulaiman Shah sangat antusias mengembangkan perguruan tinggi untuk mencerdaskan anak-anak bangsa khusus di Aceh, karena pada umumnya mahasiswa/i di USM yang menjalani pendidikan di USM merupakan putra-putri dari daerah-daerah yang tidak dapat kuliah di perguruan Negeri.
Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc dalam pertemuan tersebut menyampaikan komitmen IPB akan mendampingi USM dalam program peningkatan kualitas bidang akademik. Sejumlah bentuk kerja sama yang akan dilakukan antara lain pengiriman dosen USM ke IPB, pelatihan penyusunan proposal, pertukaran mahasiswa, penyaluran bea siswa dari Dikti dan lain sebagainya. Sehingga diharapkan nantinya USM akan menjadi universitas swasta terbaik khususnya di Aceh. Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc akan mengundang USM mengunjungi kampus IPB di Bogor dalam waktu dekat untuk pembicaraan lebih lanjut tentang agreement oleh kedua belah pihak.

Dalam pertemuan yang disertai makan malam dan berlangsung sekitar empat jam tersebut, dari YPSM langsung dihadiri oleh Ayahanda H.T. Sulaiman Shah dan Ir. T. Iskandar Shah (Wakil Rektor II USM dan Wakil Ketua YPSM). Sedangkan dari jajaran rektorat USM diwakili oleh , Dr. H. Abdul Gani Asyik, M.A (Rektor USM), Ir. T. Makmur, M.Si (Wakil Rektor I USM) dan Purwana Satriyo, S.TP., M.T (Wakil Dekan I Fakultas Teknologi Pertanian USM).

Keterangan Foto:

Pengurus Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) serta jajaran Rektorat Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh bersama Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), usai pertemuan di Hermes Hotel, Sabtu (23/2/2013). Dari bawah-atas : Purwana Satriyo, S.TP, M.T (Wakil Dekan I Fakultas Teknologi Pertanian USM), Dr. Abdul Gani Asyik, M.A (Rektor USM), Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc (Rektor IPB), Ayahanda H.T. Sulaiman Shah (Ketua Umum YPSM), Ir. T. Iskandar Shah (Wakil Rektor II USM dan Wakil Ketua YPSM) dan Ir. T. Makmur, M.Si (Wakil Rektor I USM).

YPSM dan USM Peringati Maulid Nabi

Pada hari ini Sabtu, 30 Maret 2013, YPSM / USM memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, pada Tahun 1434 H / 2013 M, peringatan maulid ini juga bertepatan dengan Milad YPSM / USM yang ke 29 tahun, Ayahanda juga menyampaikan bahwa USM ini lahir dari perjuangan Bapak (Alm) Mr. T. H. Muhammad Hasan selaku salah seorang Proklamator Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa semakin meningkat, dari mulai jumlah puluhan, ribuan sampai ratusan ribu mahasiswa, Alhamdulillah banyak lulusn USM yang telah bekerja pada berbagai sektor, seperti menjadi PNS, menjadi anggota DPR, menjadi pengusaha yang sukses, menjadi kepala dinas bahkan menjadi bupati, dll.

Ayahanda juga menyampaikan bahwa Pendidikan ini merupakan ujung tombak daripada membangun suatu negara, maju mundurnya suatu negara tergantung dari pendidikan, mauliddalam hal ini USM menunjang dan membantu menggerakkan pendidikan di Aceh untuk membantu pemerintah Aceh dalam mencerdaskan anak bangsa.

Beberapa foto terkait Maulid Nabi dan Milad YPSM / USM 2013